Posted by: Rafli Fahreza | October 9, 2015

Bisnis Informatika

Bisnis informatika merupakan suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet. Pada jaman sekarang ini perkembangan bisnis dibidang informatika berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, bisnis informatika bisa saja menjadi suatu hal yang menguntungkan.

Mengembangkan bisnis informatika dalam bidang jasa merupakan hal yang patut untuk dicoba dan dapat dimisalkan seperti, sebuah perusahaan yang memerlukan System Analyst untuk mendefinisikan sistem berdasarkan kebutuhan user, menyusun solusi yang efektif, dan mengawal masa transisi (awal) penggunaan sistem. Seorang analis perlu memahami jenjang karir dan kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkembang secara pesat.

Banyak ilmu yang dapat diterapkan untuk sebuah sistem informasi contohnya seperti ERP (Enterprise Resource Planning) yang merupakan konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan meliputi dana, manusia, mesin, suku cadang, waktu, material dan kapasitas yang berpengaruh luas mulai dari manajemen paling atas hingga operasional di sebuah perusahaan agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menghasilkan nilai tambah bagi seluruh pihak yang berkepentingan (stake holder) atas perusahaan tersebut.

ERP berfungsi mengintegrasikan proses-proses penciptaan produk atau jasa perusahaan, mulai dari pemesanan bahan-bahan mentah dan fasilitas produksi sampai dengan terciptanya produk jadi yang siap ditawarkan kepada pelanggan (Indrajit, Djokopranoto, 2002). Selain itu ERP juga membantu mengintegrasikan data-data didalam organisasi didalam sebuah platform yang umum (ERP Wire, 2006).

Contoh perusahaan yang cukup sukses dalam bidang tersebut ialah PT. SAP Indonesia yang merupakan perusahaan yang menangani sistem, aplikasi & produk dalam data processing) adalah software multinasional Jerman perusahaan yang membuat perangkat lunak perusahaan untuk mengelola operasi bisnis dan hubungan pelanggan.

Salah satu kerja sama PT. SAP Indonesia ialah dengan PT. Kereta Api Indonesia, perusahaan kereta api terbesar di Indonesia, untuk mengimplementasikan solusi SAP ERP (Enterprise Resource Planning) dan meningkatkan kinerja dan mempermudah sistem pelaporan di berbagai unit kerja di Kantor Pusat, Daerah Operasi, serta Divisi Regional.

Sumber:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/SAP_SE

http://www.antaranews.com/berita/207860/pt-kereta-api-indonesia-implementasi-solusi-sap-erp


Leave a comment

Categories